PESISIR BARAT, Zonapos.co.id – Keberadaan Call Center 112 milik Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kini mulai dimanfaatkan oleh masyarakat di kabupaten setempat untuk melaporkan kejadian darurat.
Kadiskominfitiksan Pesbar Suryadi, mengatakan semenjak diresmikan keberadaan call center 112 tersebut, saat ini sudah ada telepon yang masuk dari masyarakat terkait keadaan darurat yang terjadi.
“Sejauh ini sudah ada masyarakat yang menghubungi call center 112 itu untuk melaporkan kejadian darurat yang terjadi di wilayah masing-masing, hal itu untuk segera direspon oleh instansi terkait,” kata dia. Sabtu, (16/09/2023)
Dijelaskannya, kejadian darurat yang masuk seperti adanya masyarakat yang menghubungi call center 112 itu melaporkan terkait ternak liar di wilayah Kecamatan Pesisir Selatan, hal itu agar segera ditertibkan oleh OPD terkait.
“Selain itu, ada juga laporan terkait adanya pengunjung pantai yang disengat ubur-ubur yang berada di wilayah Kecamatan Ngambur, semua telepon yang masuk langsung kita teruskan ke OPD terkait,” jelasnya.
Menurutnya, keberadaan call center 112 tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melaporkan kejadian darurat yang terjadi terutama musibah bencana alam yang terjadi di wilayah
“Semua kejadian darurat bisa langsung dilaporkan melalui nomor 112 itu, layanannya gratis penelpon tidak akan dikenakan biaya pulsa,” terangnya.
Selain itu, jika ada musibah kebakaran yang terjadi, seperti kebakaran lahan, agar segera menghubungi nomor 112, karena akan langsung disambungkan ke Posko Damkar di kabupaten setempat.
“Jika ada kebakaran lahan dampak dari musim kemarau ini, agar segera menghubungi nomor tersebut, nantinya akan kita teruskan ke Posko Damkar terdekat,” pungkasnya
Penulis: Irfan